Sunday 22 November 2020

Alternatif Jalan-Jalan di Singapura: Taman and Jalan Penghubung Antar Taman

Mungkin tiba-tiba merasa bosan di Singapura, ntah itu mungkin pada saat perjalanan bisnis/dinas atau sedang liburan. Atau hanya ingin melihat suasana yang berbeda dan keluar sejenak dari lingkungan gedung-gedung tingkat. Tidak ada salahnya bermain-main di taman dan menikmati prosesnya (perjalanannya) menggunakan Park Connector Network (PCN).

Sebagai kota kecil yang panas, Singapura banyak membangun Taman (Park). Dan terkadang kita temui trotoar yang bertuliskan PCN (Park Connector Network), tanda ini menunjukkan bahwa jalan tersebut dapat kita gunakan baik dengan bersepeda atau jalan kaki sebagai penghubung antar Taman.

Mari kita buka google atau membuka website dari Biro/Badam Pertamanan Nasional, jika tertarik lebih jauh untuk mengetahui dan menjadi alternatif untuk dikunjungi atau menikmati pengalaman berbeda selama di Singapura.

  • https://www.nparks.gov.sg  -  website resmi mengenai taman-taman di Singapura
  • https://www.nparks.gov.sg/gardens-parks-and-nature/park-connector-network  - website untuk mengetahui jalan-jalan koneksi antar taman bagi kita yang suka berjalan kaki atau bersepeda santai.



https://www.nparks.gov.sg/



https://www.nparks.gov.sg/gardens-parks-and-nature/park-connector-network


Mari Mencari Pengalaman Melewati PCN (Jalan Koneksi Antar Taman)

Dalam waktu senggang, saya terkadang memanfaatkannya dengan berjalan-jalan menggunakan sepeda yang sederhana untuk sekedar menikmati udara dan membasahi badan dengan keringat. Karena saya bukan pengguna sepeda yang profesional, saya lebih suka memilih jalan yang khusus buat sepeda atau jalan bersama (antara pesepeda dan pejalan kaki).

Jika beberapa gambar di bawah ini adalah sesuatu yang menarik untuk dinikmati, mungkin bisa dijadikan alternatif untuk mengisi waktu liburan atau perjalanan urusan dinas selama di Singapura. Kita bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau meminjam sepeda yang tersedia di dalam park atau taman.





Terkadang PCN juga bisa saja sebuah jembatan yang hanya boleh dilewati oleh pejalan kaki atau pengendara sepeda.



Atau terkadang tidak berada di pinggir jalan, PCN juga bisa merupakan jalan bersama dipinggir kali.





Berpiknik di Taman


Hampir semua town di Singapura memiliki taman kota dan ada juga taman-taman dengan keunikan tertentu. Untuk mencari tahu taman-taman yang ada di Singapura kita dapat saja mengunjungi website yang telah saya tampilkan di awal. Taman-taman tersebut bisa saja berada di tengah kota. Jika tiba-tiba kita bosan di dalam mall Plaza Singapura atau di sekitar China Town, kita bisa saja mengunjungi taman Fort Canning. Di taman ini, ada sebuah garden yang dikenal bernama Sang Nila Utama, yang berdasarkan sejarah Singapura adalah raja pertama di kerajaan Singapura dan berasal dari Sriwijaya. Sang Nila Utama ini, kemudian memberi nama Singa-Pura (atau Lion City).



Jika tertarik untuk berjalan-jalan di dalam hutan yang penuh dengan pepohonan dan merasakan angin di dalam hutan, mungkin kita bisa mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Singapura. Gambar di bawah ini adalah pulau Coney, dan kita bisa memasukinya dengan berjalan kaki atau bersepeda melewati jembatan.




Atau jika tertarik ke pantai, semua pantai di Singapura berbentuk sebagai sebuah taman, seperti gambar di bawah ini. Umumnya di pantai, kita juga bisa menyewa BBQ Pit sehingga kita bisa saja melakukan aktifitas BBQ di tepi pantai di bawah pohon.



Atau ingin menikmati sensasi berjalan di jembatan sambil menikmasi hutan di bawahnya (gambar diambil dari https://www.visitsingapore.com/see-do-singapore/nature-wildlife/parks-gardens/the-southern-ridges/)

Atau berjalan-jalan dipinggir Reservoir (lebih kurang ada 17 reservoir). Gambar di bawah ini adalah susasana di Bedok Reservoir dimana banyak tiang-tiang bagi penggemar burung untuk saling bertemu dan berbincang.


Atau melanjutkan perjalanan dari Changi Beach Park menuju pulau Ubin menggunakan boat selama 5 menit. Di pulau ini, kita bisa bersepeda, berjalan atau menjajal track Ketam Mountain Bike Park. Beberapa penduduk sana, mereka membuka warung dan kita bisa menikmati indomie bersama kelapa muda.


Masih banyak taman dalam bentuk yang berbeda yang dapat dijadikan alternatif untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda selama di Singapura. Jadi jika mulai jenuh di Singapura, cobalah untuk meng-eksplorasi bentuk rekreasi yang berbeda. 

Pada tulisan-tulisan berikutnya, saya akan mencoba berbagi sekelumit pengalaman mengunjungi beberapa taman menggunakan jalan koneksi dengan bersepeda atau berjalan kaki.



Link:
Topik tentang mengenai kehidupan di Singapura: Kehidupan di Singapura 
Topik tentang mengenali teknologi informasi: Mengenali Teknologi Informasi



No comments:

Post a Comment

Catatan Pendidikan Menengah (SMP) atau Secondary School di Singapura

Perjalanan pendidikan atau education journey yang akan dilalui oleh lulusan SD atau Primary School akan berlanjut ke jenjang berikutnya yang...