Sunday 22 November 2020

Alternatif Jalan-Jalan di Singapura: Mengunjungi Pulau Coney

Pulau Coney (atau juga di kenal dengan Pulau Serangoon) termasuk pulau yang baru saja dibuka untuk umum bagi yang suka menikmati susana hutan baik dengan berjalan kaki atau bersepeda di dalamnya.


Bersepeda Menuju Pulau Coney


Kebetulan rumah saya, lebih kurang 8 km dari pulau Coney dan memiliki jalan koneksi antar taman yang dapat saya gunakan untuk bersepeda secara santai.

Jika sedang senggang di rumah, kadang saya punya ide untuk sekedar keluar rumah mencari keringat menuju pulau Coney dan menikmati taman yang juga terletak di sekitar pulau Coney. Biasanya saya menyelesaikan kegiatan ini lebih kurang 2 jam dan sudah kembali ke rumah dengan jarak tempuh total lebih kurang 25km.


Gambar di atas, adalah sebagian dari apa yang saya lalui selama bersepeda dari rumah menuju pulau Coney melalui jalan koneksi Antar Taman yang merupakan jalan bersama bagi pengendara sepeda dan  pejalan kaki. Saya memang menghindari untuk menggunakan jalan bagi pengendara bermotor agar saya bisa menikmati perjalanan dengan santai.

Jalan Koneksi Antar Taman atau Park Connector Network (PCN) ada yang berbentuk sebagai jalan tanah, ada yang berada di samping sungai dan ada juga merupakab jembatan yang hanya boleh dilalui sepeda dan pejalan kaki.

Penampakan Pulau Coney dari Luar.


Gambar di bawah ini berasal dari Google yang menunjukkan bahwa pulau Coney terpisah dari Singapura dan memiliki 2 pintu untuk masuk ke dalamnya baik dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki. 

Dua buah jembatan yang terletak di sisi timur dan barat, membentuk sebuah bendungan di sisi selatan atau bawah pulau Coney. Di sisi barat, jembatan itu menutup air secara permanen. Di sisi timur, jembatan itu dibangun dengan konsep bendungan yang bisa diatur agar bisa mengalirkan air ke laut atau menahan air tersebut. Saya kira, ini akan menjadi salah satu cadangan air bersih di Singapura untuk mendukung reservoir-reservoir yang terdapat di banyak tempat di Singapura.

Tertarik Untuk Rekreasi di Hutan?


Jika memasuki hutan adalah salah satu yang menarik, maka pulau Coney bisa menjadi salah satu alternatif. Pulau ini adalah sebuah kawasan hutan dan kita bisa menikmati pantai atau melihat burung-burung di lokasi-lokasi tertentu dimana burung sering bermain dan terlihat di lokasi itu.

Hutan yang penuh pohon ini, memiliki panjang lebih kurang 2.3km dan tersedia jalan bagi pengendara sepeda dan pejalan kaki di dalamnya.

Kita memang akan berkeringat di dalam hutan ini, tetapi menurut saya angin sepoi-sepoi yang mengalir cukup sejuk diterasa di badan. Ada banyak jalan-jalan setapak di dalam hutan ini, termasuk spot untuk melihat burung atau sekedar nongkrong di tepi pantai atau sekedar menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan.


Meminjam Sepeda


Di dekat pintu barat, ada pusat makanan atau jajan. Di tempat itu terdapat tempat peminjaman sepeda, jika kita datang tanpa sepeda dan ingin berkeliling dengan sepeda.

Jika kita datang menggunakan bis umum, disinilah kita bisa turun tepat di bibir pantai di luar pulau Coney. Kita bisa menaiki MRT untuk turun di stasiun Punggol untuk selanjutnya menaiki bis jalur 84. Bis akan berhenti di Punggol Point Park atau Punggol Settlement.

Tepat di samping jalan ini, kita akan menemui pusat makan atau jajan. Dan kita bisa memasuki pulau Coney dengan berjalan kaki atau meminjam sepeda.

Dua Gerbang Masuk Timur dan Barat


Terdapat 2 jembatan yang bisa dilalui pejalan kaki dan sepeda untuk memasuki pulau Coney. Gerbang ini hanya dibuka dari jam 7 pagi dan ditutup pada jam 7 malam, karena pulau ini tidak berpenduduk. Hal ini berbeda, jika kita mengunjungi pulai Ubin yang berpenduduk.

Tertarik Memancing?


Saya menemui banyak orang yang mancing di kawasan dekat pulau Coney ini. Ada yang datang memancing bersama dengan keluarga mereka dan ada juga memancing dengan teman-teman.


Taman di Luar Pulau Coney


Kawasan di luar pulau Coney adalah juga taman yang luas. Banyak kita temui, orang-orang bersepeda, sekedar bersepeda atau jogging. Ada taman yang bernama Punggol Point dan juga saling terhubung dengan Taman Punggol Waterway. Taman ini juga, terhubung dengan mall Waterway.



Taman yang luas ini, juga menyediakan toilet. Dan hampir semua toilet di taman, menyediakan kran air minum yang bisa kita ambil untuk dimasukkan ke dalam botol air. Atau membeli minuman dari mesin vending, dengan memasukkan uang dan memilih minimun yang kita inginkan.

Dan sebagaimana PCN, terdapat beberapa titik yg menyediakan peta.




Tertarik Untuk Jalan Lebih Jauh ke Pantai Berikutnya.


Peta ini menunjukan bagi siapa saja yang berminat untuk menelusuri pantai sampai ke ujung barat Singapura.



Link:
Topik tentang mengenai kehidupan di Singapura: Kehidupan di Singapura 
Topik tentang mengenali teknologi informasi: Mengenali Teknologi Informasi

No comments:

Post a Comment

Catatan Pendidikan Menengah (SMP) atau Secondary School di Singapura

Perjalanan pendidikan atau education journey yang akan dilalui oleh lulusan SD atau Primary School akan berlanjut ke jenjang berikutnya yang...