Tuesday 17 November 2020

Bagaimana Singapura Mengelola Ketersediaan Air Bersih

Salah satu hal yang saya lakukan pada saat luang adalah bersepeda sendirian untuk sekedar membakar kalori dan mengeluarkan lemak dalam bentuk keringat. Secara kebetulan saya sampai di Bedok Reservoir dan terlintas bagaimana kota Singapura mengelola supply air bersih ke penduduk.  

 

Mungkin ada yang bertanya 
  • Bagaimana air didistribusikan semua rumah di singapura dan dapat diminum langsung dari keran
  • Apakah Singapura tidak pernah mengalami kemarau panjang?
  • Pernahkan air PAM berhenti mengalir, sehingga rumah-rumah tidak memperoleh air? Saya bersyukur selama 15 tahun, air selalu mengalir ke rumah-rumah.
  • Bagaimana Singapura membangun cadangan supply air bersih?
Tertarik untuk tahu ?




Mari kita mulai dari gambar adalah suasana di Bedok Reservoir dan ini adalah salah satu reservoir di Singapura yang kebetulan dekat dengan rumah saya (lebih kurang 3 km dari rumah).

Apa itu RESERVOIR ?

Reservoir adalah kawasan yang sengaja dibentuk untuk menampung atau mengumpulkan air. Dengan sebuah prinsip bahwa air bisa dikumpulkan atau diarahkan ke reservoir. Saat ini, terdapat lebih kurang 17 reservoir di Singapura. Dan kita tidak diperkenankan untuk mengambil air tanah atau menggali air tanah.

Semua keperluan air di Singapura diperoleh dari reservoir-reservoir ini. Air dari reservoir diolah terlebih dahulu di sebuah induk pengolahan di masing-masing reservoir. Kemudian air itulah yang didistribusikan ke rumah-rumah dengan kendali kesehatan level tertentu. Sehingga, air tersebut bisa kita minum pada saat keluar dari keran.

Reservoir juga bisa dijadikan sebagai taman atau park buat warga untuk berinteraksi, bermain atau berolahraga. Terdapat track buat jogging, kita juga bersepeda dan ada kawasan bermain serta arena kumpul lainnya seperti komunitas penggemar burung dan lain-lain.

Kawasan reservoir juga dapat dijadikan sebagai sarana fisik untuk pusat olah raga air. Kita juga akan menemui kegiatan olah raga seperti kanoe, dragon boat dan sky air. Dan dengan 17 reservoir atau tempat pengumpul atau tempat penampungan air itulah sumber utama air di rumah-rumah.

Apakah ada sumber lain? Ternyata jawabannya masih ada.


Bendungan Marina atau Marina Barrage

Ini dia kekuatan atau pertahanan air berikutnya, Itu adalah bendungan MARINA atau marina barrage. Di sisi kanan atau sisi yang menjauh, adalah lautan lepas dimana kita bisa berenang sampe ke pulau jawa jika kita seorang Manusia Ikan  yang cukup kuat untuk berenang sejauh itu.😀😀.

Di sisi sebelahnya adalah sungai yang membentang di pusat kota Singapura. Mungkin kita pernah berjalan-jalan di Singapura dan bertemu dengan sebuah kawasan patung Singa yang sedang menyemburkan airnya, patung tersebut terletak tidak jauh dari kawasan ini. Rasanya, kita belum ke Singapura, jika belum mendapatkan foto di kawasan patung Singa tersebut..

Bendungan ini, akan menghalangi air sungai untuk bertemu langsung dengan air laut. Dan air sungai tertahan dapat diolah untuk dijadikan sumber air cadangan di kota Singapura.

Di atas kantor pengelola bendungan ini, beratap rumput.. biasanya di situlah para penggemar layang-layang berkumpul untuk memaainkan layangannya. Dan kembali, kawasan ini dijadikan sebagai taman Bendungan Marina, serta kita bisa melihat penduduk berkumpul, jogging, bersepeda atau bermain layang-layang.



--------
Link:
Topik tentang mengenai kehidupan di Singapura: Kehidupan di Singapura 
Topik tentang mengenali teknologi informasi: Mengenali Teknologi Informasi

No comments:

Post a Comment

Catatan Pendidikan Menengah (SMP) atau Secondary School di Singapura

Perjalanan pendidikan atau education journey yang akan dilalui oleh lulusan SD atau Primary School akan berlanjut ke jenjang berikutnya yang...